Khasiat Buah Sawo

Khasiat Buah Sawo



Buah berwarna cokelat yang di daerah Sumatera Barat lebih dikenal dengan sebutan saos ini ternyata menyimpan banyak khasiat. Selain rasanya yang manis, daging buah sawo dapat digunakan untuk menyembuhkan diare. Caranya adalah sebagai berikut:
  1. Ambil satu buah sawo muda dan cuci bersih.
  2. Parut, lalu peras dan saring. Tambahkan sedikit air matang.
  3. Minum dua kali sehari.
Selain dagingnya, getah dan daun pohon sawo juga bisa dijadikan alternatif untuk mengobati diare secara herbal. Untuk getah, minum 1/2 gelas air panas matang yang dicampur dengan kurang lebih 15 tetes getah buah sawo muda. Sedangkan untuk daun, rebus satu mangkok daun yang sudah dicincang dalam dua gelas air bersih selama 15 menit. Minum air rebusan tersebut tiga kali sehari.
Ampuhnya sawo untuk mengobati penyakit diare adalah adanya kandungan falvonoida dalam buah dan batang pohon sawo. Daunnya mengandung saponin sedang batangnya mengandung zat tanis. Zat-zat itulah yang berperan penting dalam mengatasi diare.
Selain diare, radang mulut dan disentri juga dapat diatasi oleh buah sawo. Untuk menyembuhkan radang mulut, cincang satu mangkok daun sawo, lalu rebus dalam dua gelas air bersih selama 10 menit. Gunakan air hasil rebusan tersebut untuk berkumur. Sedangkan untuk menyembuhkan disentri, ambil 8 buah sawo muda, cuci bersih, lalu kunyah-kunyah halus dengan garam secukupnya. Telan sedikit demi sedikit dan minum air hangat jika sudah. Lakukan dua kali sehari hingga sembuh.

0 Response to "Khasiat Buah Sawo"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel