Khasiat Temu Kunci

Khasiat Temu Kunci

Temu kunci (Boesenbergia rotunda (L.) Mansf. syn. Curcuma rotunda L., B. pandurata (Roxb.) Schlechter, Kaempferia pandurata Roxb.) adalah sejenis rempah-rempah yang rimpangnya dipakai sebagai bumbu dalam masakan Asia Tenggara. Bentuk temu kunci agak berbeda dengan temu-temuan yang lain karena tumbuhnya yang vertikal ke bawah.


Rimpang temu kunci berkhasiat mengatasi gangguan pencernaan. Daunnya diketahui memiliki efek antiracun.
Di Thailand temu ini dikenal dengan nama krachai, sementara pustaka Inggris menyebutnya fingerroot atau chinese ginger. Dalam bahasa Mandarin dikenal sebagai ao chun jiang.
Beberapa khasiat dari kunci / temu kunci adalah sebagai berikut:
  • Mengobati sakit perut dan perut kembung. Caranya, ambil rimpang kunci dan daunnya, tumbuk halus. Tambahkan sedikit air lalu tempelkan pada perut yang sakit sebagai obat kompress.
  • Mengobati penyakit kulit. Caranya, ambil rimpang dan daun temu kunci dengan sedikit pulosari, tumbuk halus. Tambahkan air lalu oleskan pada bagian kulit yang sakit sebagai obat kompress.
  • Mengobati muntah-muntah.  Caranya, siapkan 1 jari temu kunci, 1 sdt ketumbar, 1/4 genggam daun urat, 1 buah kapulaga, dan 1 jari kayu manis. Tumbuk halus lalu rebus dengan 4 gelas air hingga tersisa separuhnya. Minum dua kali sehari masing-masing 1 gelas.

0 Response to "Khasiat Temu Kunci"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel